Modif abis

Tutorial otomotif , berita, info seputar dunia Otomotif

8 Langkah Cek Mobil Sebelum Mudik

8 Langkah Cek Mobil Sebelum Mudik- Kenyamanan yang ada pada mobil tentu saja menjadi poin utama ketika mengemudi. Mobil dengan performa yang baik akan memberikan kesiapan bagi si mobil untuk dikendarai dimana saja dan kapan saja. Ketika melakukan perjalanan jauh, kondisi kendaraan yang prima akan membawa rasa aman pada pengemudi mobil tersebut.

8 Langkah Cek Mobil Sebelum Mudik

Untuk mengantisipasi berbagai hal sebelum melakukan perjalanan jauh atau untuk melakukan mudik ke luar kota, ada prosedur penting yang harus dilakukan yaitu pemeriksaan kondisi kesiapan kendaraan. Semua orang pasti tidak mau apabila di tengah perjalanan tiba-tiba terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti mesin mobil mogok atau yang mungkin paling sering terjadi seperti ban bocor. Kita semua pasti menginginkan perjalanan yang menyenangkan dan aman.

8 Langkah Cek Mobil Sebelum Mudik- Oleh sebab itulah, supaya perjalanan kita terasa nyaman, kita harus mengecek terlebih dahulu kondisi serta bagian bagian mobil tersebut layak untuk digunakan atau tidak. Lalu apa saja ya komponen atau bagian yang wajib dicek sebelum bepergian? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

  1. Ban
BACA JUGA  Letak Nomer Mesin dan Nomer Rangka Toyota Yaris

Sebelum bepergian, kita harus melakukan beberapa pengecekan terhadap ban mobil, diantaranya:

  • Melakukan pengecekan untuk alur ban serta kebocoran.
  • Tekanan angin yang sesuai, umumnya terdapat stiker rekomendasi yang ada di pintu driver.
  • Melakukan balancing dan spooring jika perlu.
  • Anda juga bisa lakukan rotasi ban jika perlu.
  • Menyiapkan ban cadangan harus dalam keadaan optimal.
  • Isi cairan penambal otomatis untuk pencegahan di setiap ban yang dapat dibeli di toko otomotif.
  1. Rem
  • Anda harus melakukan pengecekan oli rem supaya jumlah oli dan terjamin kelayakan pakai olinya.
  • Anda juga harus melakukan pengecekan kampas rem, tetapi untuk melakukan hal ini hanya bisa dilakukan oleh tenaga ahli.
  1. Suspensi

Dalam rangkaian dalam perawatan mobil, pengecekan suspensi dibagi menjadi dua yaitu:

  • Pengecekan terhadap dudukan karet suspensi.
  • Pengecekan untuk kebocoran pada damper.
  1. Oli mesin
BACA JUGA  Cara Mengganti Roda Mobil Bocor yang Paling Benar

Dalam rangkaian perawatan mobil, oli harus diganti dengan oli yang memiliki kualitas tinggi serta yang tahan panas. Hal itu disebabkan karena dengan kondisi macet, secara otomatis mesin bisa menjadi lebih panas. Oleh karena itulah, oli yang memiliki kualitas rendah akan lebih mudah menguap serta merusak kadar olinya. Anda bisa mencari penjelasan lebih banyak di YouTube supaya anda tahu perbandingan antara oli berkualitas dengan oli biasa.

  1. Busi

Ketika rangkaian perawatan mobil dilakukan, busi pada mesin bensin harus dicek serta diganti ketika sudah tidak layak pakai.

  1. Solar atau filter udara dan filter bensin

Dalam rangkaian perawatan mobil juga bila perlu sebaiknya semua filter diganti untuk memastikan perjalanan jauh berjalan lancar.

  1. Accu atau aki

Sebaiknya aki diperiksa ke bengkel yang mempunyai battrey tester, hal itu dikarenakan hanya dengan battrey tester lah kita bisa mendapatkan presentasi battrey life yang lebih akurat. Apabila untuk perjalanan jauh sebaiknya aki di bawah 50% diganti dengan yang baru.

  1. Air radiator atau coolant
BACA JUGA  Letak Nomer Mesin dan Nomer Rangka Honda Beat All Varian

Di dalam rangkaian perawatan mobil, pada bagian radiator menjadi salah satu yang terpenting karena kita sudah sering melihat mobil-mobil di pinggir jalan yang kap mesinnya terbuka serta uap panas keluar dari dalam mesin. Hal itu umumnya disebabkan oleh mesin yang overheating, jadi tekanan yang ada dalam radiator meningkat sampai akhirnya terdapat bagian yang jebol.

8 Langkah Cek Mobil Sebelum Mudik- Overheating disebabkan oleh air radiator yang diisi dengan air biasa, sebenarnya hal itu tidak akan menjadi masalah ketika mobil berjalan tetapi akan menjadi masalah jika terkena macet parah. Jadi untuk perjalanan jauh pastikan sistem pendingin dicek tuntas dan ganti segera dengan coolant sebelum hal tersebut bisa menyesatkan kalian di perjalanan.

Demikianlah bagian-bagian mobil yang perlu diperiksa sebelum kalian bepergian jauh. Semoga bermanfaat!

(Visited 61 times, 1 visits today)