Modif abis

Tutorial otomotif , berita, info seputar dunia Otomotif

Auto Kinclong ! Cara Merawat Motor Yang Benar

Auto Kinclong ! Cara Merawat Motor Yang Benar- Bukan hanya melakukan perawatan performa mesin saja, memperhatikan perawatan penampilan sepeda motor juga tidak boleh sembarangan. Apabila penampilan motor tidak dirawat dengan baik, maka yang akan terlihat tidak tampil maksimal adalah cat motor yang tampak kusam. Bukan hanya sekedar mencuci motor secara rutin, agar cat body motor tetap terawat dan warnanya tetap terjaga dibutuhkan perawatan khusus.

Auto Kinclong ! Cara Merawat Motor Yang Benar

Auto Kinclong ! Cara Merawat Motor Yang Benar- Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan supaya tampilan cat body motor tetap kinclong dan tidak terlihat kusam. Berikut ini merupakan rangkaian perawatan cat body motor yang tepat agar tampilan tetap kinclong yang dilansir dari laman Astra Honda Motor, antara lain:

  1. Mencuci motor secara berkala

Upaya yang pertama untuk mempertahankan warna cat body motor supaya tetap terlihat bersih dan mengkilap adalah mencuci motor secara berkala. Selain itu Anda juga harus memastikan bahwa komponen-komponen logam ada motor selalu bersih dari kotoran, debu dan minyak yang menempel.

BACA JUGA  Cara Ganti Kampas Rem Cakram Motor Matic Terlengkap

Anda disarankan untuk memakai sabun yang dikhususkan untuk mencuci kendaraan bermotor. Sebab bahan-bahan yang terdapat pada sabun yang tidak dikhususkan untuk mencuci motor kurang baik karena bisa membuat cat motor cepat pudar dan terlihat kusam karena kandungan deterjen didalamnya.

  1. Cuci motor sesudah terkena air hujan

Selain dicuci secara berkala, motor juga harus segera dicuci apabila terkena air hujan. Sebab air hujan berbeda dengan air biasa. Air hujan mengandung asam dan karbondioksida yang bisa merusak komponen-komponen motor. sehingga 2 komponen tersebut bisa menyebabkan karat pada bagian motor yang sensitif. Selain itu air hujan juga bisa menyebabkan cat body motor kusam.

  1. Memakai kain lap berbeda

Ketika Anda hendak membersihkan motor menggunakan kain lap, maka sebaiknya Anda menyiapkan beberapa potong kain untuk digunakan pada setiap proses pembersihan di bagian-bagian motor. Jadi Jangan hanya menggunakan satu kain lap untuk membersihkan motor. Misalnya Anda menyiapkan lap yang digunakan untuk membersihkan kolong motor, nah lap tersebut jangan digunakan lagi untuk membersihkan body motor tetapi Anda menyiapkan potongan kain yang baru. Sebab penggunaan kain yang sama pada saat membersihkan motor memberikan kemungkinan kotoran yang ada di lap tersebut masih menempel sehingga bisa menggores body motor ketika digunakan.

  1. Poles motor secara rutin
BACA JUGA  7 Modifikasi VESPA Aneh ....... Hanya di Indonesia

Memoles body motor secara rutin merupakan rangkaian perawatan ekstra untuk memaksimalkan tampilan sepeda motor. Cara ini bisa membantu tampilan cat body motor selalu terlihat mengkilap walaupun motor tersebut sudah lama digunakan. Pilih jenis obat poles yang memiliki bahan dasar carnauba yaitu lilin yang dihasilkan dari buah kelapa atau obat polea yang tidak meninggalkan residu.

  1. Jangan parkir motor di tempat terbuka dan terik

Selain air hujan, faktor alam lain yang bisa membuat tampilan cat motor kusam adalah terik cahaya matahari. Jika motor terlalu sering terpapar sinar matahari yang terik secara langsung masalah tersebut bisa menyebabkan warna cat body motor lebih cepat kusam. Untuk mengatasi hal ini anda bisa memakai cover ataupun sarung motor supaya cat body motor terlindungi dari sorotan sinar matahari yang terik.

BACA JUGA  cara menghindari bamper belakang mobil baret dan penyok

Auto Kinclong ! Cara Merawat Motor Yang Benar- Demikianlah rangkaian perawatan cat body motor yang tepat supaya tampilannya tidak mudah kusam dan tetap kinclong. Dengan melihat cat body motor yang selalu mengkilat dapat membuat pengendaranya percaya diri dalam beraktivitas menggunakan sepeda motor. Semoga bermanfaat!

(Visited 24 times, 1 visits today)