Modif abis

Tutorial otomotif , berita, info seputar dunia Otomotif

Beberapa Penyebab Mengapa Pemotor Dilarang Menggunakan Jas Hujan Model Ponco Ketika Berkendara

Beberapa Penyebab Mengapa Pemotor Dilarang Menggunakan Jas Hujan Model Ponco Ketika Berkendara- Jika Indonesia memasuki musim penghujan, maka bukan hal aneh lagi jika sedari pagi hingga malam di beberapa wilayah Indonesia diguyur hujan terus menerus. Semua pengendara harus meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati ketika berkendara di jalan raya pada saat hujan deras menerpa, terutama bagi pengguna sepeda motor. Lazimnya pengendara sepeda motor mempunyai perlengkapan berkendara untuk melindungi dari guyuran air hujan seperti jas hujan.

Beberapa Penyebab Mengapa Pemotor Dilarang Menggunakan Jas Hujan Model Ponco Ketika Berkendara

Beberapa Penyebab Mengapa Pemotor Dilarang Menggunakan Jas Hujan Model Ponco Ketika Berkendara- Kita bisa menemukan berbagai jenis jas hujan yang dijual bebas di pasaran. Tetapi jas hujan yang di sarankan bagi para pengendara motor untuk tetap aman ketika berkendara di saat hujan adalah jenis jas hujan setelan yaitu potongan atasan dan celana. Jenis jas hujan yang paling tidak disarankan untuk dipakai berkendara ketika hujan adalah jas hujan jenis ponco.

Dilansir dari laman Wahana Honda, jas hujan jenis ponco sangat beresiko menimbulkan terjadinya insiden. Setidaknya ada 4 penyebab mengapa pemotor dilarang menggunakan jas hujan model ponco pada saat berkendara, antara lain:

  1. Tidak bisa memproteksi pengendara dari air hujan secara maksimal
BACA JUGA  Cara Tampil Tampan Ganteng Mengendarai Sepeda Motor

Jas hujan model ponco memang di desain mempunyai ukuran yang lebih lebar. Namun pada kenyataannya hal tersebut tidak bisa proteksi diri dari air hujan secara maksimal. Sebab jenis jas hujan ini terbuka di bagian sisi kiri dan sisi kanannya sehingga memungkinkan air hujan tetap masuk. Apalagi biasanya jenis jas hujan ini tidak bisa menutup sampai bagian kaki sehingga bawahan pakaian pemotor juga tidak akan terlindung dari air hujan.

  1. Berkemungkinan tersangkut ke roda dan gear motor

Dengan desain dan ukuran yang lebar maka jas hujan model ponco ini berkemungkinan berkibar ketika digunakan saat berkendara. Bagian jas hujan yang diterpa angin bisa terselip ke gear dan roda motor. Hal ini tentunya sangat membahayakan keselamatan pengendara. Sudah ditemukan banyak kasus kecelakaan yang terjadi akibat insiden ini. Maka dari itu penggunaan jas jenis ponco lebih baik tidak digunakan untuk berkendara ketika hujan.

  1. Dapat mengganggu keseimbangan
BACA JUGA  Cara Membersihkan Aspal yang Menempel di Mesin dan Bodi Motor

Desain dari jas hujan ponco yang lebar ini memang benar-benar tidak cocok digunakan bagi pengendara motor. Sebab pada saat jas hujan ini digunakan ketika berkendara dan diterpa angin kencang maka hal tersebut dapat mengganggu keseimbangan pemotor hingga membuat kehilangan keseimbangan dan terjatuh dari kendaraan. Lagi-lagi karena jas hujan ini memiliki banyak celah sehingga angin bisa masuk dengan mudah dan mengganggu keseimbangan pengendara.

  1. Mengganggu kemampuan pengendara

Penyebab selanjutnya Mengapa pemotor dilarang menggunakan jas hujan model Ponco pada saat berkendara adalah bisa mengurangi atau mengganggu kemampuan pengendara. Gambarannya seperti ini, apabila bagian depan jas hujan yang menampung air hujan tidak langsung mengalir karena tertampung maka hal tersebut dapat mengurangi konsentrasi seseorang yang sedang mengendarai motor. Bukannya berkonsentrasi terhadap jalanan yang basah, pengendara justru disibukkan dengan menyingkirkan air yang tertampung dilekukan jas hujan. Hal tersebut tentunya dapat mengganggu konsentrasi berkendara dan bisa membahayakan.

BACA JUGA  Letak Nomer Rangka dan Nomer Mesin HONDA PCX TERBARU

Dengan mengetahui beberapa penyebab pelarangan penggunaan jas hujan model ponco ketika berkendara saat hujan, maka pengguna sepeda motor disarankan menggunakan jas hujan model setelan. Jenis jas hujan tersebut sangat leluasa digunakan karena tidak menghambat pergerakan kaki, tangan, kepala maupun anggota tubuh lainnya ketika berkendara.

Beberapa Penyebab Mengapa Pemotor Dilarang Menggunakan Jas Hujan Model Ponco Ketika Berkendara- Selain itu penggunaan jas hujan ini juga bertujuan untuk melindungi Anda dari guyuran air hujan untuk menemukan tempat berteduh yang aman. Urungkan niat Anda melanjutkan perjalanan di tengah hujan deras meskipun menggunakan jas hujan sekalipun karena sangat berisiko terhadap keamanan berkendara akibat jalan yang licin, kemungkinan reklame atau pohon tumbang dan terkena sambaran petir.

(Visited 25 times, 1 visits today)