Modif abis

Tutorial otomotif , berita, info seputar dunia Otomotif

Cara Ampuh Merawat Knalpot

Cara Ampuh Merawat Knalpot- Tak sedikit dari pengendara mobil kurang memperhatikan kualitas knalpot kendaraan mobil kesayangan. Padahal sebenarnya peran knalpot pada mobil terbilang cukup penting. Selain dapat membuat tampilan mobil makin keren dan kece serta memiliki suara yang gahar, knalpot juga mampu menambah performa dari kendaraan tersebut berkat pembuangan yang sempurna. Karena itulah perawatan knalpot menjadi hal yang sangat penting. Apabila kita sebagai pemilik mobil melakukan perawatan yang benar maka dijamin dapat membuat mobil jadi lebih sempurna. Apalagi sejatinya merawat knalpot terbilang tidak terlalu sulit.

Cara Ampuh Merawat Knalpot

Salah satu cara-cara perawatan mobil yang sangat sederhana dan paling gampang dilakukan yaitu cukup dengan membawa mobil setiap hari maksudnya yaitu tidak hanya dipanaskan, tetapi anda juga mengendarainya kemanapun anda pergi. Apabila memang mobil anda terpaksa hanya terparkir di rumah, setidaknya Anda harus membawa mobil berkendara seminggu dua kali. Sebab apabila mobil anda hanya dipanaskan setiap harinya, tetapi tanpa dibawa berkendara hal tersebut justru dapat membuat knalpot mobil menjadi korosi pada bagian dalam. Bayangkan saja apabila terdapat air di dalam knalpot dan tidak keluar jika tidak dibawa berkendara, hal tersebut dapat membuat bahan plat motor bisa rusak.

BACA JUGA  DESAIN SEPATU CROS SIDI tipe CROSSFIRE 2

Apabila knalpot mobil tidak dirawat dengan baik, maka knalpot dapat menimbulkan suara kasar pada bagian kolong mobil. Kemudian getaran yang dihasilkan akan terasa lebih kencang. Untuk menghindari hal tersebut, ikutilah tips dalam merawat knalpot yang baik dan benar di bawah ini.

  1. Pemberian oli

Anda bisa mencoba untuk memberikan oli ke dalam lubang knalpot. Oli dapat berfungsi sebagai pembuat kondisi silencer basah sehingga karat berkemungkinan tidak akan muncul karena tidak akan langsung terhubung dengan udara. Saat yang tepat untuk pemberian oli yaitu ketika knalpot dalam kondisi panas. Sebelum memberikan oli, Anda bisa memanasi mobil terlebih dahulu. Takaran yang sesuai yaitu sekitar 500 ml.

  1. Mengecek drainase
BACA JUGA  NAMA - NAMA PEMBALAP MOTO GP 2016

Selanjutnya untuk merawat knalpot yaitu dengan melakukan pengecekan pada drainase. Fungsi drainase yaitu untuk menampung air yang masuk ke dalam silencer supaya tidak tergenang, karena setiap pelompat mobil pasti memiliki drainase didalamnya. drainase tersebut terletak pada ujung bawah silencer dan berdekatan dengan pipa leher knalpot. Serangkaian pengecekan ini berfungsi untuk memastikan bahwa drainase tersebut tidak mengalami manfaat atau buntu. Untuk melakukan pengecekan, caranya yaitu dengan memasukkan lidi, selanjutnya apabila dirasa tidak ada hambatan di dalamnya maka menandakan tidak ada kebutuhan.

  1. Amplas knalpot

Cara Ampuh Merawat Knalpot- Apabila telah terlanjur muncul karat pada knalpot, maka salah satu cara menghilangkannya yang bisa anda lakukan yaitu dengan menggunakan amplas. Anda bisa mencoba untuk menyemprotkan cairan penghilang karat pada knalpot mobil kemudian gosok dengan menggunakan amplas. Cairan tersebut tidak boleh digunakan setiap waktu sebab sifatnya yang korosif sehingga justru dapat mengikis lapisan knalpot mobil tersebut jika dilakukan secara berlebihan.

  1. Pelapis
BACA JUGA  Unik, Provinsi ini Baru Kenal Motor Matic

Supaya tampilan pada knalpot mobil anda terlihat lebih kinclong, sebaiknya Anda coba untuk melapisinya dengan pengkilap. Pengkilap dapat bersifat seperti semir yang mana itu akan membuat warna knalpot mobil seperti baru. Seperti yang kita tahu bahwa warna knalpot kusam dan pudar tidak dilapisi dengan pengkilap.

  1. Segera keringkan knalpot

Cara Ampuh Merawat Knalpot- Ketika kondisi cuaca seperti musim hujan, Anda harus merawat knalpot dengan baik. Anda harus segera memberikan kemampuan tersebut. Karena apabila tidak segera dikeringkan maka knalpot bisa mudah menjadi keropos karena terkena air hujan. Oleh karena itu, setelah dikeringkan pada bagian luarnya Anda juga harus mengeringkan bagian dalam dengan cara memanasi mesin mobil.

Demikianlah cara-cara ampuh dalam merawat knalpot dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat!

(Visited 176 times, 1 visits today)