Modif abis

Tutorial otomotif , berita, info seputar dunia Otomotif

Cara Memanaskan Mobil Non injeksi dan Mobil Injeksi

Banyak yang Keliru, Begini Cara Memanaskan Mobil Non injeksi dan Mobil Injeksi yang Benar

Cara Memanaskan Mobil Non injeksi dan Mobil Injeksi- Sebelum menggunakan mobil, memanaskannya terlebih dahulu tentu sudah menjadi kebiasaan kita semua. Walaupun seseorang dalam keadaan tergesa-gesa, ia tidak akan pernah lupa untuk menghidupkan mu pil beberapa menit sebelum menjalankannya. Yang sering menjadi pertanyaan yaitu apakah memanaskan mobil terlalu sering akan memberikan dampak yang baik terhadap mobil? Banyak juga yang keliru ketika memanaskan mobil non injeksi ataupun mobil injeksi. Kok bisa gitu ya? Simak ulasan dibawah ini.

Cara Memanaskan Mobil Non injeksi dan Mobil Injeksi

Mesin non injeksi

Cara Memanaskan Mobil Non injeksi dan Mobil Injeksi- Pada saat pagi hari, memanaskan mobil sebenarnya tidak baik bagi mobil yang memiliki mesin injeksi. Hal itu disebabkan karena bisa menyebabkan overheating. Tidak semua mobil yang menggunakan mesin injeksi dilengkapi indikator suhu mesin, oleh karena itulah, jika anda memanaskan mesin terlalu lama bisa menyebabkan suhu mesin meningkat dan apabila dibiarkan terlalu lama akan mengakibatkan overheating.

BACA JUGA  Nomer Mesin dan Rangka Kawasaki Ninja 250RR Karburator

Mesin mobil injeksi

Cara Memanaskan Mobil Non injeksi dan Mobil Injeksi- Mesin mobil injeksi berbeda dengan mesin non injeksi. Mobil yang menggunakan mesin injeksi telah dilengkapi teknologi yang bisa mencampur udara serta bahan bakar sebelum dibakar menggunakan injektor. Walaupun terkenal efisien dalam bahan bakar, tetapi kebiasaan memanaskan mobil sebelum menggunakannya juga tidak dibenarkan.

Alasannya yaitu sebab mobil injeksi sudah dilengkapi ECU (Electronic Control Unit) yang berfungsi untuk mengatur pembakaran mesin. Sehingga dapat membuat mesin tidak perlu dipanaskan sebelum menggunakannya supaya dapat memaksimalkan kinerja mesin tersebut.

Ngomong-ngomong tentang ECU, apakah kalian tahu apa itu ECU?

ECU adalah singkatan dari Electronic Control Unit, sesuai dengan namanya, komponen yang satu ini berfungsi sebagai sirkuit elektronik utama pada sebuah mobil. Kok bisa ya mobil ada sirkuit elektronik seperti komputer atau TV? Ya kalian tidak salah baca kok, memang itulah keunikan mobil zaman sekarang. Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa hampir semua sistem dalam mobil saat ini telah mengadopsi teknologi elektronika. Dengan begitu bisa dikatakan bahwa mobil itu seperti barang elektronika yang mempunyai sirkuit utama.

BACA JUGA  Letak No Mesin dan Rangka Yamaha Jupiter Z TERLENGKAP

ECU mempunyai fungsi sebagai sirkuit pertama yang berperan sebagai sentral controller atau apabila yang terdapat dalam komputer, ECU itu diibaratkan seperti CPU yang bertugas mengendalikan pada fungsi hardware. Nah kalau yang ada pada mobil, hardware tersebut dikendalikan berupa aktuator yang bekerja menggantikan sistem mekanis layaknya injektor, Electric Fan, VVT, dan lain-lain.

Fungsi ECU

Cara Memanaskan Mobil Non injeksi dan Mobil Injeksi- ecu mempunyai beberapa fungsi yang bertugas untuk mengatur pada beberapa sistem penting yang ada pada mobil, diantaranya:

  • Mengontrol waktu penyalaan busi sesuai dengan kondisi mesin.
  • Mengontrol pembukaan serta volume bensin pada injektor.
  • Mengontrol timing pembukaan katup sesuai dengan kondisi mesin.
  • Mengontrol identifikasi kunci mobil.
  • Mengontrol kinerja kipas pendingin mesin.
  • Menghidupkan alarm pada mobil ketika ada gangguan.
BACA JUGA  Cara Merawat Mobil Matic

Dalam memandang dua perbedaan antara kedua mesin mobil injeksi dan non injeksi ketika memanaskan mobil, sebaiknya dilakukan hanya selama 30 detik sampai 1 menit saja. Cara terbaik supaya bisa mengetahui apakah mobil tersebut siap digunakan atau tidak yaitu dengan cara memastikan indikator temperatur pada mesin injeksi serta merasakan apakah kap mobil telah hangat atau tidak pada mesin non injeksi.

Nah itulah penjelasan mengapa selama ini banyak orang yang kurang tepat ketika memanaskan mobil sebelum digunakan. Dengan memahami poin di atas, diharapkan pengguna mobil tidak lagi melanjutkan kebiasaan yang ternyata tidak benar tersebut. Semoga bermanfaat!

oke terimakasih telah mengunjungi modifabis.com jangan lupa kunjungi terus artikel-artikel yang bermanfaat lainya lagi. jangan lupa kunjungi juga fanspage kami silahkan klik disini untuk mengunjungi fanspage kami

(Visited 75 times, 1 visits today)