Modif abis

Tutorial otomotif , berita, info seputar dunia Otomotif

Cara membuat Motor Matic GESIT

Cara membuat Motor Matic GESIT- Semua motor yang di edarkan secara massal pastinya memiliki spesifikasi standar yang telah disesuaikan dengan kemampuan finansial dan kebutuhannya. Namun tak jarang bagi mereka yang hanya cukup membeli motor untuk segmen bawah tetapi tidak cukup puas dengan performa yang disediakan. Jangan sedih dulu, sebab sekarang sudah ada beberapa tips dan trik yang berfungsi untuk meningkatkan performa terutama pada motor matic dengan CVT.

Cara membuat Motor Matic GESIT

Setidaknya terdapat beberapa modifikasi ringan yang bisa diupayakan supaya tarikan motor bisa lebih terasa seperti yang dikutip dari Wahana Honda Motor. Namun sebelum itu, penting bagi Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu CVT. Bagi yang belum mengetahui kepanjangan CVT adalah Continuous Variable Transmission. Ini merupakan sistem transmisi penggerak mesin yang ada di dalam motor matic.

Cara membuat Motor Matic GESIT- Intinya, fungsi dari CVT ini yaitu sebagai alat yang menggerakkan mesin motor matic agar bisa digunakan untuk berkendara. CVT berhubungan langsung dengan ban motor, di mana CVT ini akan meneruskan laju putaran yang berasal dari mesin sampai ke roda. Jika Anda telah memahami yang berkaitan dengan CVT ini, maka selanjutnya kita akan membahas lebih lanjut bagian modifikasinya. Setidaknya ada tiga hal yang bisa diupayakan supaya tarikan motor matic bisa meningkat dengan sistem CVT yang ditambahkan. Berikut trik lengkapnya.

  1. Merubah berat komponen roller CVT
BACA JUGA  Letak Nomer Mesin dan Nomer Rangka Toyota Yaris

Di dalam bagian CVT yang berperan sebagai pengatur pergerakan pada sliding primary sheave adalah roller. Komponen tersebut akan melakukan tugasnya dengan prinsip gaya sentrifugal, di mana roller akan menjauhi poros putaran yang dikelilinginya. Agar tarikan bisa ditingkatkan dengan cara memodifikasi nya, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan merubah obat roller bawaan pabrik dengan beban massa yang cukup ringan.

Sistem CVT motor matic Anda bisa jauh lebih mulus ketika digunakan berkendara jika menggunakan roller yang bobotnya lebih ringan. Namun Anda harus hati-hati Jangan sampai salah memilih bobot roller. sebab pemilihan bobot roller yang keliru justru dapat menyebabkan tarikan awal enteng tetapi berat di putaran mesin atas.

  1. Ganti Per CVT
BACA JUGA  Cara Mengatasi Bunyi Klotok-Klotok pada Mesin Matic Honda

Upaya lainnya dalam memodifikasi CVT yang bertujuan untuk meningkatkan tarikan motor yaitu dengan mengganti komponen pernya. Umumnya jika Anda hendak menggantinya agar tarikannya bertambah adalah dengan per yang lebih panjang dan lebih keras. Pergantian per tersebut bisa membuat akselerasi lebih cepat. Komponen per tersebut bisa dengan mudah ditemukan di bengkel resmi atau barang after market. Namun Anda harus teliti dalam memilih per karena harus disesuaikan dengan spesifikasi motor matic Anda.

  1. Memperpanjang jalur roller

Trik selanjutnya untuk meningkatkan tarikan motor matic CVT, selain dengan mengganti roller CVT dengan bobot yang lebih ringan, Anda juga bisa memodifikasinya dengan menambahkan akselerasi motor dengan memperpanjang jalurnya. Dengan begitu roller mampu bekerja mengangkat jalurnya lebih tinggi sehingga tarikan motor matic meningkat.

BACA JUGA  Toyota Avanza Facelift Perubahan Total dan spesifikasi

Cara membuat Motor Matic GESIT- Cara memperpanjang roller tersebut bisa meminta bantuan pada mekanik di bengkel kapan saya Anda ataupun melakukannya sendiri loh. Sebenarnya jika Anda mau, Anda dapat oprek sendiri dengan menggunakan mata bor tuner ataupun dengan memanfaatkan alat bantu yang umumnya dipakai untuk mengeruk. Yang penting anda bisa membuat jalur komponen darah tersebut lebih landai dan presisi.

Demikianlah beberapa trik yang bisa dilakukan untuk meningkatkan tarikan motor matic CVT. Semoga bermanfaat!

(Visited 69 times, 1 visits today)