Modif abis

Tutorial otomotif , berita, info seputar dunia Otomotif

Cara Mengatasi Lampu Mobil Sering Putus

Cara Mengatasi Lampu Mobil Sering Putus- Hal yang paling menyebalkan yaitu ketika Lampung mobil kita sering mati di tengah perjalanan, apalagi apabila matinya ketika malam hari di jalan yang sepi. Lampu mobil yang mati tersebut bisa disebabkan berbagai faktor salah satunya karena filamen yang putus. Penyebab filamen putus juga bermacam-macam, bisa karena panas, arus listrik atau getaran yang terlalu tinggi dan lain sebagainya. Hal tersebut juga tidak akan lepas dari kualitas bohlam yang Anda gunakan. Bohlam mobil dengan harga yang murah umumnya tidak mampu menahan panas sehingga mudah putus.

Cara Mengatasi Lampu Mobil Sering Putus

Usia bohlam biasanya berbeda-beda dan ditentukan oleh masing-masing pabrikan. Contohnys yaitu pada bohlam dengan 4.000 jam pemakaian, maka rata-rata setiap jika menyala 4 jam setiap hari maka umur bohlam tersebut bisa mencapai 3 tahun. Akan tetapi, itu juga tergantung dengan kondisi ideal. Dalam mempraktekkannya, terdapat beberapa faktor lain yang bisa mempengaruhi usia bohlam mobil.

BACA JUGA  Yamaha Xabre 150 Guncang Export Indonesia Terbaik 2016

Faktor cuaca atau musim juga dapat berpengaruh terhadap usia bohlam loh. Bukan hanya itu saja, getaran akibat jalan yang jelek juga sedikit banyak dapat memberikan pengaruh. Jadi apabila hal itu bisa terjadi, maka anda harus membawa bohlam cadangan, Anda bisa menggantinya sewaktu-waktu bila hal yang tidak diinginkan sewaktu-waktu datang. Penyebab paling sering bohlam mobil mati juga bisa disebabkan oleh tegangan listrik yang cukup tinggi. Jadi filamen yang ada di dalam bola mobil tersebut putus karena tegangan yang tidak sesuai. Tidak hanya beberapa faktor, terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhi buah lama mobil cepat putus, diantaranya:

  1. Terdapat korsleting sehingga membuat sekring putus

Cara Mengatasi Lampu Mobil Sering Putus- Rangkaian lampu yang terputus seperti pada sekring dapat menyebabkan bohlam bermasalah. Sekring akan secara otomatis memutuskan rangkaian kelistrikan jika ada korsleting. Nah kalau sudah putus, jangan langsung diganti. Jika sekring putus itu menandakan bahwa terdapat korsleting di sepanjang rangkaian lampu. Maka anda bisa coba cari apakah terdapat kabel yang terkelupas atau kondisi soket yang kurang normal.

  1. Penggunaan fuse yang terlalu besar
BACA JUGA  Cara Mengatasi Mobil Mogok Tiba-Tiba di Rel Kereta

Sekring atau fuso mempunyai fungsi supaya dapat mengamankan rangkaian listrik dari aliran arus besar yang dapat menimbulkan kebakaran. Jadi akan secara otomatis sekring akan terputus jika ada aliran arus yang terlalu besar. Oleh karena itu, jika ada kejadian bohlam mobil sering putus, cobalah untuk mengecek sekring nya dan cocokkan dengan kapasitas asli pada tutup box sekring.

  1. Soket lampu meleleh

Soket lampu biasanya terbuat dari bahan plastik serta karet sebagai seal. Bahan tersebut memang bobotnya ringan dan ekonomis, tapi jika terkena panas badan ini sangat rentan meleleh. Panas yang bisa menimbulkan leleh yaitu karena faktor alam itu sendiri. Semakin terang bohlam maka akan semakin besar pula arus yang dibutuhkan. Jadi hal tersebut berpotensi menimbulkan panas di sekitar socket yang akhirnya melelehkannya.

BACA JUGA  Oli Yamalube RS4GP Bagi-Bagi Gratis di....

Solusi sederhana agar bohlam mobil awet:

Cara Mengatasi Lampu Mobil Sering Putus- Supaya bohlam mobil anda awet, yang harus anda lakukan sebenarnya hanya perlu menggunakan jenis lampu hemat tenaga dengan sinar yang maksimal. Contohnya yaitu lampu LED. walaupun lampu LED terkenal dengan mengkonsumsi daya listrik yang sedikit, tetapi sinarnya juga tidak kalah terang dengan lampu tipe bohlam. Untuk ketahanannya bisa dipastikan akan lebih awet sebab lampu ini menggunakan komponen elektronika atau dioda bukan lagi menggunakan filamen.

Demikianlah penyebab serta solusi apabila bohlam mobil anda sering putus. Semoga bermanfaat!

(Visited 119 times, 1 visits today)