Modif abis

Tutorial otomotif , berita, info seputar dunia Otomotif

Cara Mengatasi Mobil Susah Hidup Saat Pagi Hari

Cara Mengatasi Mobil Susah Hidup Saat Pagi Hari- Apabila anda mempunyai mobilitas yang tinggi memang suatu pilihan yang tepat untuk memiliki kendaraan pribadi. Tetapi dengan adanya kendaraan pribadi, yang perlu Anda ingat yaitu Anda harus sudah siap dengan segala permasalahan yang bisa muncul sewaktu-waktu tanpa bisa diprediksi. Mobil ataupun kendaraan apapun yang sering digunakan serta minim perawatan umumnya akan lebih sering mengalami masalah. Dan masalah-masalah tersebut yang biasanya terjadi pada mobil bermacam-macam seperti kehabisan bensin, ban bocor atau mungkin mesin mobil susah hidup secara tiba-tiba di pagi hari.

Cara Mengatasi Mobil Susah Hidup Saat Pagi Hari

Penyebab mobil susah hidup dipagi hari

Cara Mengatasi Mobil Susah Hidup Saat Pagi Hari-  Biasanya masalah mobil yang susah hidup dipagi hari bisa terjadi pada mesin bensin yang masih menggunakan sistem karburator. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga mobil susah hidup dipagi hari karena terjadi masalah pada mesin diesel maupun mesin bensin injeksi. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah hal ya mungkin menjadi penyebab mobil susah hidup dipagi hari, diantaranya:

  1. Aki kurang atau tegangan baterai
BACA JUGA  Spek Mercy SUV Terbaru

Kemungkinan penyebab pertama mobil susah hidup pagi hari yaitu karena motor starter yang sudah lemah. Pada saat mobil di start, motor starter tidak mau berputar atau hanya berputar pelan, hingga kemungkinan besar disebabkan oleh tegangan baterai. Namun supaya bisa mengetahui secara pastinya Anda bisa mengukur dengan menggunakan voltmeter atau multimeter. Umumnya baterai atau aki yang sudah lemah akan mengalami hal demikian. Apabila masalah yang terjadi pada baterai memang benar, Anda masih bisa menghidupkan mesin mobil dengan cara mendorong.

  1. Busi bermasalah

Penyebab lain dari mobil susah hidup dipagi hari yaitu karena busi yang bermasalah atau kotor. Jika memang busi bermasalah seperti kotor ataupun celananya terlalu besar atau terdapat maka hal itu bisa menyebabkan mesin mobil sulit distarter. Untuk bisa mengeceknya maka anda harus melepas busi saat kita memperhatikan apakah busi tersebut kotor.

  1. Karburator banjir
BACA JUGA  Letak No Mesin dan No Rangka Suzuki Futura Pick UP Terlengkap

Untuk Anda yang mempunyai mobil dengan karburator umumnya mesin mobil susah hidup juga bisa disebabkan karena karburator yang banjir. Supaya Anda bisa mengatasinya, Anda harus membongkar karburator serta menyetel pelampungnya. Apabila anda kesulitan untuk melakukan hal itu, Anda bisa membawanya ke bengkel kepercayaan.

  1. WTS atau Water Temperature Sensor bermasalah

Penyebab mesin mobil susah hidup dipagi hari yang disebabkan oleh sensor WTS khususnya terjadi pada mobil injeksi. WTS adalah sensor suhu yang bisa mendeteksi kondisi atau suhu mesin. Apabila hal ini bermasalah maka bisa mempengaruhi sistem injeksi yang ada pada mobil tersebut yang berakhir pada mobil yang susah hidup.

  1. Pompa bensin lemah

Lemahnya komponen pompa bensin menjadi penyebab lain kenapa mesin mobil susah hidup dipagi hari. Pompa bensin memiliki fungsi untuk memompa bensin dari tangki menuju karburator. Apabila pompa tersebut sudah lemah maka bisa mengakibatkan aliran bensin tidak lancar jadi dapat menyebabkan mesin mobil sulit distarter. Nah untuk mengatasi hal ini solusinya yaitu anda harus menggantinya.

BACA JUGA  SPG Paling Cantik Seksi Didunia

Cara Mengatasi Mobil Susah Hidup Saat Pagi Hari-  Tetapi terdapat sebuah trik untuk membantu mengatasinya, yaitu pada saat kunci kontak berada pada posisi ‘on’ tetapi pompa bensin tidak berbunyi maka anda bisa memberi pukulan ringan beberapa kali. Nah umumnya pompa bensin tersebut bisa hidup kembali.

Demikianlah beberapa penyebab apabila mobil anda susah hidup dipagi hari atau tidak bisa distarter. Komponen yang sering terjadi adalah busi, karburator dan baterai. Oleh sebab itulah Anda harus periksa dulu ketiga komponen tersebut. Setelan udara atau air radiator hingga bahan bakar yang terdapat pada karburator juga bisa berpengaruh ya guys. Semoga bermanfaat!

(Visited 79 times, 2 visits today)