Modif abis

Tutorial otomotif , berita, info seputar dunia Otomotif

Cara Mengganti Oli Mobil Yang Benar

Cara Mengganti Oli Mobil Yang Benar- Banyak orang dari pengendara yang memilih membeli mobil bekas bahkan yang sudah berumur. Hal ini sebenarnya wajar, sebab umumnya mobil bekas yang dipilih karena mobil tersebut memang sudah menjadi mobil impian bagi si pembeli. Apabila seseorang sudah memilih mobil bekas tertentu, berbagai perawatan perlu dilakukan seperti mengganti pelumas mesin mobil. Hal tersebut dilakukan supaya mobil bekas pilihan pembeli dapat kembali dalam kondisi prima kayaknya awal kelahiran mobil tersebut.

Cara Mengganti Oli Mobil Yang Benar

Memilih pelumas mesin mobil bekas yang benar dan tepat untuk mobil sebagai salah satu perawatan yang paling penting, tetapi hal itu kerap kali membuat dilema si pembeli. Umumnya berbagai pertanyaan sederhana muncul, seperti fungsi pelumas pada mesin mobil sampai pelumas mesin mobil tipe encer atau kental  yang tepat untuk mengambil bekasnya tersebut.

Cara Mengganti Oli Mobil Yang Benar- Dengan adanya pertanyaan semacam itu,  bisa dipastikan menggunakan pelumas mobil encer atau kental tidak salah keduanya. Tetapi terdapat hal-hal yang harus diperhatikan, ya itu Anda harus memilih pelumas mesin mobil yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan termasuk pada tingkat kekentalan pelumasnya. Jadi anda sebaiknya jangan asal pilih karena tak selamanya anggapan pelumas mesin mobil yang lebih encer memiliki kualitas lebih baik.

BACA JUGA  letak Nomer Mesin dan Nomer Rangka Toyota Hilux

Pelumas mesin mobil yang telah melalui berbagai proses sehingga bisa digunakan untuk mesin mobil, apabila tidak diganti maka dapat membuat mesin kendaraan tidak memiliki performa terbaik. Hal itu disebabkan karena zat adiktif yang ada didalamnya sudah tidak bagus lagi. Mengganti pelumas mesin mobil bukan hal yang sepele. Apabila terjadi kesalahan ketika memilih atau mengganti pelumas dapat berakibat fatal pada mesin mobil. Simak 4 fakta ganti pelumas mesin mobil yang harus anda ketahui.

  1. Sering kena macet bikin cepat ganti belum masih di mobil

Terdapat istilah oli stres atau oli sudah rusak. Hal itu berarti performa dari oleh juga sudah menurun dalam menjalankan fungsinya. Itu disebabkan karena masih hidup terus tanpa ada odometer yang bergerak. Salah satunya karena faktor panas lebih yang harus ditanggung oleh mesin. Jadi semakin panas temperatur, maka usia oli semakin pendek. Setiap kenaikan suhu 10 derajat maka usia oli semakin pendek menjadi separuhnya.

  1. Sering ganti merk pelumas tidak masalah
BACA JUGA  Cara Mengganti Roda Mobil Bocor yang Paling Benar

Berganti-ganti pilihan merk untuk pelumas mesin mobil sebenarnya tidak akan menimbulkan masalah. Asalkan tipe olinya sesuai dan sama, termasuk pada spesifikasi dan SAE-nya juga sama jadi ganti merk juga tetap aman. Tetapi yang perlu diperhatikan oleh pengguna yaitu antara oli mineral dengan fully sintesis jangan sampai tecampur. Hari itu karena terdapat aditif yang tidak kompatibel di antara keduanya. Usia pelumas mesin mobil yang diperbolehkan yaitu rentang waktu 3 sampai 6 bulan apabila lewat dari itu disarankan tidak usah membelinya.

  1. Perubahan warna bukan indikator untuk mengganti oli

Semakin banyak bekerja maka akan semakin rusak, oleh karena itulah warnanya juga pasti akan lebih pekat. Hal tersebut merupakan hal yang wajar karena perubahan warna merupakan indikasi kalau pelumas mesin mobil bekerja dengan baik dan dapat mengikat partikel-partikel kecil supaya tidak mengendap, jadi perubahan warna pelumas mesin mobil itu bisa dijadikan sebagai indikator untuk waktu penggantian oli.

  1. Tidak wajib mengganti oli setiap 10 .000 km
BACA JUGA  8 Cara Mengatasi Kenapa Gas Mobil Kita Brebet

Cara Mengganti Oli Mobil Yang Benar- Mengganti oli setelah 10.000 km adalah anggapan yang salah. Ganti yang tepat yaitu yang disarankan oleh manufaktur mobil berdasarkan waktu penggunaan. Jadi mengganti mobil setelah 10.000 km saja bukan suatu kewajiban.

Demikianlah hal-hal yang perlu Anda ketahui seputar pelumas mobil. Semoga bermanfaat!

(Visited 33 times, 1 visits today)