Modif abis

Tutorial otomotif , berita, info seputar dunia Otomotif

Cara Merawat Mobil Matic

Cara Merawat Mobil Matic- Saat ini, sebagian masyarakat telah beralih dari transportasi umum dan menggunakan mobil pribadi untuk digunakan sehari-hari. Apalagi saat ini kita masih terjebak dalam situasi pandemi, di mana penyebaran virus Corona akan sangat berbahaya apabila menggunakan transportasi umum. Tetapi terdapat hal yang penting bagi kalian yang menggunakan transportasi pribadi khususnya mobil matik.

Cara Menyiapkan Mobil Matik Saat Musim Hujan

Cara Merawat Mobil Matic

ampir semua mu sekarang memakai transmisi otomatis, maka dari itulah kita perlu mengetahui bagaimana perawatan mobil matik dan apa saja yang harus dilakukan. Apalagi sebentar lagi libur akhir tahun tidak lama lagi, sekarang juga telah memasuki musim hujan, apabila anda tidak menyiapkan mobil, bisa-bisa liburan yang telah direncanakan dapat terhambat.

Tetapi sebelumnya, untuk para pengendara pemula yang baru saja membeli mobil matik, kalian harus mengerti bagaimana merawat mobil matic serta memberi perhatian khusus supaya mobil tetap dalam kondisi yang prima dan awet untuk jangka waktu yang lama. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu anda lakukan dalam Cara Merawat Mobil Matic-.

  1. Mengganti oli matik
BACA JUGA  Cara Buka Cover Depan Yamaha NMAX

penggantian oli mesin merupakan suatu hal yang paling penting untuk mobil matik. Anda harus mengecek nya secara tepat, apakah oli tersebut masih dalam kondisi bagus serta masih dalam volume yang layak dipakai atau tidak. Umumnya, jika sudah pernah melakukan pergantian oli, kakak kan udah tanggal kapan sebaiknya mulai ganti oli lagi atau berapa km sebaiknya mengganti oli kembali.

Mesin mobil matic bisa lebih bekerja maksimal jika oli baru dan tingkat kekentalannya sesuai dengan kapasitas kerja mesin. Mobil yang mempunyai kapasitas mesin besar dengan mobil yang mempunyai kapasitas mesin kecil pasti memiliki kekentalan oli yang berbeda juga.

  1. Pengecekan terhadap aki

Mengecek aki serta listrik mobil matic merupakan hal penting lainnya yang harus dilakukan. baik itu dari mengecek audio, lampu sampai indikator-indikator yang ada di dalam mobil. Mengapa hal itu penting? Sebab aki merupakan komponen mobil yang menjalankan kelistrikan mobil. Karena itulah kualitas aki yang bagus bisa menentukan efisiensi penggunaan listrik mobil matik.

  1. Panaskan mobil matik
BACA JUGA  How To Overcome The Car Strikes Suddenly On The Train

Cara Merawat Mobil Matic- Mungkin memanaskan mobil matik terdengar sepele, sehingga sering tidak dihiraukan oleh para pengendara mobil matik. Tidak sedikit para pengendara yang sudah bekerja, sering terburu-buru di pagi hari dan hanya melakukan pemanasan mobil sebentar. Padahal sebenarnya mesin mobil matik cukup sensitif meskipun sebenarnya mobil zaman sekarang tidak harus dipanaskan terlalu lama di pagi hari. Akan tetapi mesin yang belum panas dan dipaksa melaju bisa menyebabkan kerja oli mesin transmisi tidak maksimal. Dengan begitu bisa menimbulkan gesekan yang berat. Cukup lakukan pemanasan mobil matic sekitar 5 sampai 7 menit supaya oli mesin dapat bekerja secara maksimal sebelum dikendarai.

  1. Gunakan oktan BBM yang cocok
BACA JUGA  Cara Membersihkan Aspal yang Menempel di Mesin dan Bodi Motor

Pemilihan bahan bakar untuk mobil matik cukup penting. Mobil matic telah dilengkapi dengan sistem Eco driving yang bisa membantu para pengendara supaya berkendara yang efisien. Karena itulah, penggunaan oktan BBM sangat disarankan. Untuk mobil matik yang baru, sebaiknya menggunakan BBM dengan oktan minimal 90 keatas.

Itulah perlakuan yang harus kamu lakukan terhadap mobil matik, selain melakukan hal di atas, terdapat banyak perawatan mobil yang yang lain seperti penggantian tune up, eksterior maupun interior hingga coating mobil. Sebaiknya kalian rutin mengecek mobil ke bengkel kepercayaan. Semoga bermanfaat!

(Visited 41 times, 1 visits today)