Modif abis

Tutorial otomotif , berita, info seputar dunia Otomotif

Hati-Hati Tanda Turun Mesin Pada Mobil Bekas yang Overheat

Hati-Hati Tanda Turun Mesin Pada Mobil Bekas yang Overheat- Ketika Anda memilih untuk membeli mobil bekas, wajib hukumnya untuk mengecek semua kelayakan kinerja mesin. Jangan sampai Anda lengah yang akan berakibat pada kekecewaan ketika mengendarai mobil bekas. Tetapi jika memang Anda telah ditakdirkan untuk bertemu kondisi naas atau tidak beruntung ketika memilih mobil bekas seperti menemukan mesin yang cepat panas saat di jalan yang berakibat turun mesin.

Hati-Hati Tanda Turun Mesin Pada Mobil Bekas yang Overheat

Apa itu turun mesin?

Kalian yang mempunyai kendaraan entah itu ada dua ataupun kendaraan roda empat masih pernah mendengar dengan istilah turun mesin beberapa kali. Turun mesin ini sering juga disebut dengan overhaul, keadaan seperti ini memang lekat sekali kaitanya dengan perawatan kendaraan. overhaul atau turun mesin merupakan istilah untuk proses pelepasan mesin dari sasis kendaraan.

Turun mesin atau overhaul seringkali menjadi kesan yang menyenangkan bagi pemilik mobil karena membutuhkan biaya yang lumayan banyak.

BACA JUGA  Letak nomer rangka dan nomer mesin avanza

Ciri-ciri mobil turun mesin

Hati-Hati Tanda Turun Mesin Pada Mobil Bekas yang OverheatAda mobil yang yang terjadi overhaul, Anda harus memperhatikan serta menganalisa terlebih dahulu pada kondisi mobil. Umumnya mobil yang mengalami turun mesin akan mengalami juga beberapa ciri-ciri atau gejala yang terlihat, diantaranya:

  1. Asap knalpot berwarna putih

Mobil yang harus mengalami overhaul, ciri yang paling terlihat yaitu keluarnya asap knalpot yang berwarna putih pekat. Bukan hanya itu saja, mobil juga akan sering mengalami pengurangan pada oli mesin padahal olinya baru dipakai beberapa kali.

  1. Oli berwarna kecoklatan dan air radiator berminyak

Air radiator menjadi berminyak serta oli yang mulai berubah berwarna kecoklatan adalah ciri lain yang mudah terlihat. Hal ini terjadi umumnya disebabkan dengan adanya air yang masuk ke ruang kompresi ataupun oli yang masuk ke dalam saluran air. Kondisi ini diakibatkan karena terjadinya korosi pada blok silinder head mobil yang membuat beberapa lubang air tak beraturan.

  1. Suhu mesin yang selalu naik
BACA JUGA  Bernostalgia Dengan Modifikasi Honda S90

Ciri lain mobil yang harus mengalami overhaul yaitu sebuah mesin yang selalu naik. Apabila anda menggunakan mobil dalam kondisi yang normal tetapi lambat laun mesinnya selalu meningkat terus-menerus, maka hal tersebut menjadi tanda apabila mobil Anda harus mengalami turun mesin.

  1. Mesin mati mendadak akibat overheating

Hati-Hati Tanda Turun Mesin Pada Mobil Bekas yang OverheatHal ini adalah kelanjutan dari kondisi sebelumnya. Mungkin sebagian dari kalian pernah mengalami mobil yang mati secara mendadak ketika digunakan. Hal ini bisa terjadi karena kondisi suhu mesin yang terus meningkat sehingga menyebabkan overheating. Apabila hal ini terjadi pada kamu, maka kamu harus mengusahakan untuk tidak langsung menyalakan mobil kembali. Kalian harus memperhatikan temperatur mesin pada jarum penunjuk yang ada. Apabila jarumnya menunjukkan H, maka akan lebih baik kamu mendiamkan mesin mobil untuk beberapa saat. Selanjutnya lakukanlah pemeriksaan pada sistem pendingin, bisa saja terjadi kebocoran pada komponen radiator mobil. Supaya kamu mengetahui penyebabnya lebih jelas, bawalah mobil ke bengkel kepercayaan.

  1. Kondisi busi selalu basah dengan oli
BACA JUGA  Mobil Solar Semakin Banyak Permintaan

Ciri-ciri mobil harus mengalami over haul yaitu seringnya kepala busi basah dengan oli. Hal tersebut menandakan apabila oli telah bercampur di ruang konferensi sehingga menyebabkan oleh mudah terbakar pada bagian ini.

  1. Air radiator berkurang bahkan bisa menyembur

Kondisi lain yang sangat terlihat ketika mobil harus mengalami overhaul yaitu air radiator yang berkurang banyak bahkan bisa menyebar ke atas saat mesin distarter. Supaya kamu mengetahui penyebabnya lebih jelas maka perlu dilakukan pengecekan pada komponen komponen radiator guna mengetahui dengan jelas penyebab kondisi tersebut.

Itulah penjelasan secara menyeluruh mengenai turun mesin atau overhaul. Semoga bermanfaat!

(Visited 43 times, 1 visits today)