Modif abis

Tutorial otomotif , berita, info seputar dunia Otomotif

Kenapa Kopling Mobil Berat

Kenapa Kopling Mobil Berat- Kopling pada mobil adalah salah satu komponen dalam sebuah kendaraan yang berfungsi sebagai pemutus serta menghubungkan putaran dari mesin ke transmisi. Untuk pengguna mobil matic, mungkin tidak terlalu memusingkan apabila terjebak dalam kemacetan. Tetapi lain lagi bagi pengguna transmisi manual, mungkin akan merasa cukup Emang asalkan apabila sedang berada di kemacetan apalagi ditambah pedal kopling mobil yang keras. Pada bagian lutut serta pergelangan kaki akan terasa pegal saat pedal kopling mobil terasa berat atau keras.

Kenapa Kopling Mobil Berat

Kenapa Kopling Mobil Berat- Kondisi seperti itu sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor serta kurangnya perawatan atau perilaku pengemudi dalam mengemudi. Sebenarnya cara mengemudi yang tepat ya itu jangan meletakkan kaki di atas pedal kopling sebab bisa mempercepat keausan pada plat kopling. Hal itulah yang bisa menyebabkan kopi mobil terasa keras ketika diinjak. Bukan hanya itu saja, terdapat beberapa hal lain yang bisa menyebabkan per kopling mobil keras, diantaranya:.

  1. Kabel kopling
BACA JUGA  Cara Mengganti Air Radiator Motor Matic Semua Honda yang Paling Benar

Masalah yang paling umum dan yang sering dirasakan oleh pengemudi mobil kopling saat mobil kopling keras terutama untuk tipe mobil mekanik yaitu kabel atau kawat baja yang. Kemudian jarang dilumasi dengan oli, hal tersebut bisa membuat mobil kopling garing dan pada akhirnya bisa menyebabkan pedal kopling terasa berat.

  1. Release bearing

Release bearing berfungsi untuk menekan pegas diafragma yang terdapat di cover clutch, serta sangat berpengaruh apabila komponen tersebut tidak bekerja atau rusak. Salah satunya yaitu ketika kita menginjak pedal kopling mobil akan terasa berat, dan cara mengatasi masalah ini sebaiknya dilakukan penggantian pada komponen tersebut.

  1. Pilot bearing

Tidak jauh berbeda dari yang sebelumnya, komponen ini berfungsi sebagai penopang input shaft dengan tujuan supaya bisa sejajar terhadap sumbu tengah poros engkol. Kita bisa mengenal isi dari fungsinya bahwa apabila ada kemacetan pilot bearing, maka dampaknya yaitu akan sulit memindahkan gigi serta injakan pedal kopling mobil akan terasa keras atau berat. Cara mengatasinya yaitu mengganti bagian yang rusak.

  1. Kampas kopling
BACA JUGA  Letak nomer rangka dan nomer mesin avanza

Tak dipungkiri bahwa peran kampas sangat dibutuhkan dalam sistem kerja kopling. Kampas kopling mobil yang sudah awas atau pipis hanya akan mengakibatkan masalah apabila tidak cepat diganti. Kita bisa mengetahui kampas kopling mobil akan habis jika sering mengeluarkan bau angus. Cara memperbaikinya yaitu anda harus segera ke toko onderdil dan cari pengganti yang baru. Tips memilih kampas yang tepat yaitu sesuai dengan tipe yang lama atau bawaan dari mobil.

  1. Cover clutch

Masa komponen juga turut andil sebagai penyebab kopling mobil terasa berat atau keras, Salah satunya yaitu cover clutch atau matahari yang sudah tua. Masalah ini bisa muncul akibat pegas penekan kopling sudah mulai lemah. Cara memperbaikinya yaitu harus diganti dengan yang baru. Anda bisa lakukan penggantian untuk mengembalikan kopling mobil seperti keadaan awal.

  1. Kebiasaan si pemakai
BACA JUGA  Pengertian Poros beserta Jenis dan Macam nya Terlengkap

Kenapa Kopling Mobil Berat- Kebiasaan dari pengemudi bisa menjadi penyebab pedal kopling mobil terasa keras atau berat. Mungkin hal ini terlihat sepele tetapi dapat menimbulkan kerusakan yang cukup banyak. Melepaskan dan menginjak kopling secara spontan bisa menyebabkan plat kopling yang terhubung ke fluwheel akan terasa keras apalagi kampas kopling mobil juga akan cepat aus atau tipis. Untuk mengatasinya sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan menekan pedal kopling mobil secara perlahan sampai penuh dan melepaskan juga secara pelan sesuai dengan kecepatan mobil. Kemudian sebaiknya selama anda mengendarai mobil, jangan suka menggantungkan kaki di atas per kopling.

Itulah beberapa penyebab serta solusi ketika terasa berat atau keras. Semoga bermanfaat!

(Visited 91 times, 1 visits today)