Modif abis

Tutorial otomotif , berita, info seputar dunia Otomotif

Langkah-Langkah yang Benar Jumper Aki Mobil

Langkah-Langkah yang Benar Jumper Aki Mobil- Sejak pemerintah menggumumkan bahwa Indonesia memiliki pasien yang terjangkit virus Corona, sejak saat itu hingga Kimi kita masih berada di tengah pandemi COVID-19 game belum berakhir sehingga mengharuskan masyarakat untuk tidak banyak melakukan kegiatan di luar rumah. Bahkan yang biasanya kota-kota besar dipenuhi dengan mobil sehingga menyebabkan macet saat ini kondisi jalanan terlihat lebih lengang. Mobil yang tidak digunakan dan dibiarkan terparkir di garasi yang cukup lama bisa menyebabkan aki soak karena mesin mobil tidak pernah dihidupkan.

Langkah-Langkah yang Benar Jumper Aki Mobil- Pada dasarnya terdapat sejumlah hal yang sering terjadi pada saat aki mobil sudah menunjukkan tanda-tanda mulai melemah. Namun tak sedikit orang yang kurang paham sehingga mengabaikannya sebab mobil dirasa masih mampu menyala ketika distater. Dikutip dari penjelasan Boediarto yaitu seorang Head of After Sales & CS Operation Group PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia bahwa perawatan aki sebenarnya tidaklah sulit tetapi sayangnya sering diabaikan oleh pengguna mobil.

Dalam perawatan kondisi aki, bukan hanya melakukan pemeriksaan terhadap air akinya saja, tetapi pengguna juga harus menghidupkan kendaraan setidaknya selama 5 menit secara rutin setiap harinya. Tetapi apabila keadaan aki mobil sudah tidak mampu lagi menghidupkan mesin dan kelistrikan pada mobil atau soak, untuk mengatasi hal tersebut yang paling cepat yaitu dengan melakukan jumper aki. Teknik tersebut yaitu mengalirkan listrik dari aki lain yang performanya masih bagus ke aki mobil yang sudah bermasalah. Berikut ini langkah-langkah atau tips dalam melakukan jumper aki agar aki mobil yang soak bisa dihidupkan kembali, yaitu:

  1. Memakai kabel khusus
BACA JUGA  Letak Nomer Mesin dan Nomer Rangka Honda Beat All Varian

Pengguna wajib memakai kabel yang memang diperuntukkan khusus untuk jumper aki. Hal ini bertujuan supaya arus listrik yang sangat tinggi untuk menyalakan mobil dialirkan dengan baik dengan menggunakan kabel kapasitas yang besar juga. Kabel yang diperuntukkan untuk jumper aki tidak sulit ditemukan karena banyak dijual di toko aksesori mobil.

  1. Memakai mobil yang mempunyai kapasitas aki yang sama atau lebih besar

Supaya jumper aki mobil berhasil, maka dibutuhkan mobil yang memiliki kapasitas aki yang sama dengan mobil Anda atau bahkan yang lebih besar. Yang harus diperhatikan dengan seksama yaitu voltasenya harus sama, misalnya sama-sama 12 volt.

  1. Meletakkan mobil secara berdekatan

Langkah selanjutnya yaitu meletakkan kedua mobil secara berdekatan agar kabel jumper dapat menjangkau dari kedua aki mobil. Sebab biasanya kabel jumper memiliki ukuran yang tidak terlalu panjang. Anda dapat meletakkan mobil secara berhadapan ataupun bersampingan. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa kedua mobil tersebut dalam posisi yang aman dengan rem parkir aktif. Posisikan tuas transmisi di ‘P’ jika mobil anda adalah mobil matic.

  1. Menghubungkan kabel jumper
BACA JUGA  Letak Nomer mesin dan Rangka Honda Forza

Keadaan kedua mobil tidak boleh menyala. Selanjutnya perhatikan posisi kutub terminal positif dan negatif dari ke-2 aki tersebut dengan teliti. Umumnya tiap-tiap dua kutub terminal aki ditandai dengan lambang (+) dan (-), atau bisa juga penutup warna merah sebagai tanda kutub positif. Sebaiknya brsihkan terlebih dahulu apabila kutub terminal baterai kotor menggunakan kain lap.

Kemudian hubungkan penjepit kabel jumper yang berwarna merah pada kutub positif aki yang normal. setelah itu sambungkan penjepit kabel jumper yang berwarna merah lainnya pada kutub aki positif pada mobil yang soak  Selanjutnya pasang kabel jumper negatif ke kutub negatif pada aki mobil normal dan pasang sisi satunya ke kutub negatif pada aki mobil soak. Kemudian nyalakan mesin mobil yang normal. Apabila sudah menyala Anda hanya harus membiarkan mesin menyala selama beberapa menit untuk mengisi tenaga pada aki yang sudah soak.

BACA JUGA  KegagahanToyota Rav4

Langkah-Langkah yang Benar Jumper Aki Mobil- Ketika mobil berhasil menyala maka lepaskan semua kabel secara hati-hati. Urutan yang benar melepas kabel yaitu kabel negatif mobil soak terlebih dahulu setelah nya lepas kabel negatif mobil normal, kemudian Anda bisa melepas kabel positif dengan urutan yang sama seperti kabel negatif tersebut. Jumper aki mobil hanya digunakan untuk keadaan darurat, jika masih belum berhasil segera hubungi bengkel untuk melakukan perbaikan.

(Visited 7 times, 1 visits today)