Modif abis

Tutorial otomotif , berita, info seputar dunia Otomotif

Metode yang Tepat Untuk Merawat Rantai Sepeda Motor

Metode yang Tepat Untuk Merawat Rantai Sepeda Motor- Untuk jenis sepeda motor tipe sport ataupun tipe bebek, salah satu komponen penting nya dalam melajukan kendaraan adalah rantai. Peran rantai motor adalah meneruskan daya yang dihasilkan dari kinerja mesin ke roda belakang. Proses tersebut akan menghasilkan energi gerak pada sepeda motor. Dengan mengetahui betapa vitalnya peran rantai pada kendaraan motor, maka sangat penting melakukan rangkaian perawatan secara rutin agar performa rantai selalu optimal.

Metode yang Tepat Untuk Merawat Rantai Sepeda Motor

Metode yang Tepat Untuk Merawat Rantai Sepeda Motor-  Menurut Endro Sutarno yaitu tim Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) pengguna sepeda motor wajib memperhatikan dan melakukan perawatan pada rantai agar kualitas kinerja pada roda sepeda motor kesayangan kondisinya selalu prima. Pengecekan pada rantai roda setidaknya harus dilakukan setiap periode 4000 km. Untuk membantu Anda dalam melakukan perawatan terhadap rantai sepeda motor, berikut ini kami akan memberikan metode yang tepat supaya kinerja rantai sepeda motor maksimal serta bisa memberikan kenyamanan ketika dikendarai.

  1. Mengenali tiap-tiap bagian rantai
BACA JUGA  Biodata Brad Binder (Rookie)

Sangat penting mempelajari bagian-bagian komponen pada rantai sepeda motor terlebih dahulu sebelum mengetahui cara perawatan yang tepat. Hal ini berguna agar Anda tidak asing dalam melakukan perawatan pada tiap-tiap bagiannya. Rantai terdiri dari roller Link yang saling terhubung yang disatukan dengan master link yang berperan sebagai penyambung dua sisi rantai tersebut. Rantai sepeda motor juga terhubung dengan gear mesin atau drive sprocket serta gear pada roda atau driven sproket.

Bukan hanya itu saja, memperhatikan pemilihan jenis rantai yang akan digunakan juga tidak kalah penting. Ada beberapa perbedaan ukuran dari rantai motor sport dan motor bebek. Perbedaan tersebut adalah ukuran lebar dari roller link dan juga ukuran panjang rantai.

  1. Memberikan pelumas

Penggunaan pelumas pada rantai berfungsi untuk menjaga kualitas rantai. Namun sebelum Anda memberikan rantai motor pelumas dengan kualitas yang terjamin, Anda harus membersihkan rantai tersebut sampai bersih dengan menggunakan cairan pembersih kemudian disikat memakai sikat kecil. Setelah itu Anda bisa mengeringkan rantai tersebut menggunakan kain kering pada seluruh bagian rantainya. Di dalam proses pembersihan rantai, jangan sampai menggunakan cairan pembersih yang mudah tersulut api.

BACA JUGA  Cara Mengganti Oli Mobil Yang Benar

Apabila proses pembersihan selesai, Anda dapat memberikan pelumas pada rantai yang khusus untuk pelumas rantai roda. Jangan lupa untuk memberikan oli atau pelumas pada roller plate dan roller ring. Pemberian pelumas ini harus dilakukan secara rutin agar rantai tidak aus serta memperpanjang masa pakai rantai.

  1. Jarak main bebas

Memastikan batas kekenduran rantai roda erupakan salah satu hal terpenting juga dalam jarak main bebas rantai roda agar mudah mendapatkan tenaga yang optimal. Bagi Anda pengguna sepeda motor harus bisa melihat batas jarak main bebas yang tertulis pada stiker yang letaknya di cover rantai. Para pengguna sepeda motor wajib memastikan sepeda motor sudah berada pada posisi gigi netral dan standar tengah dalam mengukur kekencangan rantai roda. Setelah itu Anda bisa putar roda guna menjumpai kekenduran rantai yang paling kecil.

BACA JUGA  Cara Ganti Lampu Mobil Avanza

Metode yang Tepat Untuk Merawat Rantai Sepeda Motor-  Langkah yang terakhir yaitu memakai penggaris untuk mengukur tingkat kekenduran pada bagian kekenduran yang paling kecil atau yang berada di tengah-tengah antar dua sprocket. Apabila kekenduran rantai melebihi batas jarak main bebas seperti yang tertera pada stiker, maka lebih baik dilakukan setelah kekencangan atau bisa juga dibawa ke bengkel resmi terdekat.

Demikianlah metode yang tepat untuk merawat rantai sepeda motor agar performanya tetap optimal sehingga Anda selalu nyaman ketika berkendara. Semoga bermanfaat!

(Visited 16 times, 1 visits today)